Tuesday 30 August 2016

APA ITU MIOPIA ??

APA ITU MIOPIA ??


Selamat malam/pagi ataupun Siang :) Mungkin untuk kali ini saya akan berbagi Tentang seputar Mata,,,Karena banyaknya dari kita tahu tentang Miopia ini,tetapi tidak tau apa penyebabnya ! maka dari itu saya ingin berbagi di sini untuk mengulas bersama tentang Mipia atau kata yang sering di gunakan di masyarakat adalah rabun jauh.memang sudah benar kok.    Langsung saja
Pengertian Miopya
Miopia adalah kondisi mata yang menyebabkan objek yang dekat terlihat jelas sementara objek yang jauh terlihat kabur,kerusakan refraksi mata (kemampuan melihat jauh) yang di karnakan bayangan atau cahaya yang masuk ke mata tidak lah tepat di retina, tetapi bayangan masuk malah jatuh di depan retina dan hal ini yang menyebabkan penglihatan menjadi buram dan ini lah di namakan Miopia (rabun jauh) dan untuk masalah yang seperti ini biasanya di koreksi dengan kacamata minus (-),dan lensa kacamata ini bentuknya cekung dan biasanya untuk orang yang mengalami Miopia cendrung memicingkan matanya,dengan maksut memperjelas penglihatan.


Pengertian Gambar :
Bisa kita lihat gambar di samping,terlihat pada gambar yang di atas cahaya yang masuk tidaklah tepat di retina tetapi jatuh di bagian depan retina dan untuk gambar yang di bawahnya menunjukan bahwa kaca mata (-) dengan lensa cekung bisa membuat cahaya yang masuk menjadi tepat di bagian retina.
untuk penyebab-penyebab mata Miopia ini sendiri sangatlah banyak low gaes..


PENYEBAB MIOPIA

Tidak ada salahnya kita mengetahui apa sajakah penyebab mata hingga terjadi mata Miopia (rabun jauh),banyak yang tidak tahu tentang apa sajakah penyebab-penyebab mata bisa Miopia.
Mari kita penyebab terjadinya mata Miopya (rabun jauh), 
Penyebab dan Faktor
   Untuk kondisi normal,kornea mata atau lensa mata memiliki bentuk dan permukaan yang mulus sehingga bias cahaya yang masuk bisa terpusat pada retina. Tapi lain halnya dengan seseorang yang mengalami Miopia (rabun jauh).
Kerusakan refraktif adalah penyebab utama Miopia (rabun jauh). Kondisi ini terjadi jika cahaya yang masuk ke mata justru terfokus di depan retina dan bukan tepat pada retina.Inilah yang menyebabkan pandangan menjadi kabur.
   Adapun Penyebab di balik kerusakan tersebut belum diketahui secara pasti. Para pakar menduga kondisi ini dapat dipicu oleh dua faktor utama, yaitu keturunan dan pengaruh lingkungan.
  • Anak-anak dengan orang tua yang mengidap Miopia (rabun jauh) memiliki risiko sekitar 30% lebih tinggi untuk mengidap kondisi yang sama.
  • Pengaruh dari lingkungan juga berperan penting, misalnya terlalu sering membaca, menonton televisi, atau menggunakan komputer ,apalagi sekarang anak-anak sangat banyak bermain Hp,Laptop,smartphone dan sejenisnya.
nah mulai sekarang untuk para orang tua harus segera mengawasi anak-anaknya untuk mengontrol kebiasaan bermain Hp,laptop dan semacamnya karna akan berdampak buruk jika terlalu berlebihan bermain hal tersebut.
adapun gejala-gejala umum yang biasa di rasakan seseorang yang mengalami mata Miopia sebagai berikut :

GEJALA-GRJALA MIOPIA (Rabun Jauh)

Apa saja gejala-gejala yang di rasakan seseorang ketika mengalami Miopya ?? Pasti banyak yang bertanya tanya,memang pertanyaan ini sangat lah sering di pertanyakan..
Ada pun yang kita rasakan gejala Miopia dapat terjadi pada siapa saja low gaes muda,tua,bahkan sampai anak-anak dan dari segala umur. Tetapi biasanya mulai dirasakan oleh pengidapnya pada masa anak -anak hingga usia sekolah.Hmmm Langsung saja ya kita ulas bersama gejala-gejala Miopya (rabun jauh) yang muncul secara umum:
  • Pandangan kabur saat melihat objek yang jauh sehingga sering menyipitkan mata, misalnya kesulitan melihat huruf di papan tulis.
  • Sakit kepala karena mata bekerja secara berlebihan (memaksakan)
  • Frekuensi mengedipkan mata yang berlebihan,terlalu sering mengedipkan mata.
  • Sering menggosok mata.
  • Terlihat tidak menyadari keberadaan objek yang jauh.
Hayooo siapa yang sudah merasakannya,,,hhe,kita semua pasti tidaklah ingin mengalami kondisi seperti ini kan,maka dari itu Hindari lah penyebab-penyebab miopya dan pencegahan berkembangnya Miopia (rabun jauh).

catatan :
perlu di ingat juga gejala-gejala tersebut perlahan-lahan akan makin parah seiring bertambahnya usia dan perkembangan mata.
maka dari itu kita Haruslah tau Cara penanganan Miopya ini sendiri,kita bisa menggunakan :
  1. Penggunaan kacamata
  2. Penggunaan lensa kontak
  3. Operasi dengan sinar laser
  4. Implantasi lensa buatan
 Beberapa penanganan tersebut semua bertujuan sebagai alat bantu penglihatan agar penglihatan mata kita lebih jelas dan mata kita tidaklah semakin parah untuk kedepannya

jika ada yang ingin menambahkan bisa komentar di bawah ya,karena saya juga hanya mengingat hal-hal yang saya rasakan di dalam pkerjaan saya, semoga bermanfaat untuk kita semua,Amin

Friday 26 August 2016

TUJUAN UTAMA PERAWATAN LENSA KONTAK (SOFTLENS)

TUJUAN  UTAMA PERAWATAN LENSA KONTAK (SOFTLENS)



   Adapun tujuan perawatan lensa kontak pastinya untuk membersihkan dan merawat lensa kontak agar tetap nyaman di gunakan, untuk semacam itu pastilah sudah benar sekali, namun kali ini saya ingin berbagi tentang tujuan yang sangat penting atau tujuan utama perawatan lensa kontak agar terhindar dari deposit,bakteri dan yang pastinya tetap nyaman di gunakan. apa sih tujuan utama perawatan lensa kontak ? langsung saja tujuan utama perawatan lensa kontak :
  • Mengurangi Penumpukan Deposit
  • Mempertahankan usia Lensa kontak
  • Menjaga kondisi Lensa kontak
  • Membunuh Bakteri
  • Menghindari Komplikasi
  • Menjaga Fisiologi Mata
banyaknya tujuan utama tersebut akan kita rangkum dalam artikel kali ini,semoga bermanfaat dan menambah wawasan ya, penjelasannya pun pasti akan sedikit panjang, tetapi kalian haruslah tau pengertian-pengertian tujuan utama tersebut agar kalian lebih faham dan menjaga lensa kontak kalian agar tetap nyaman saat di gunakan. Untuk penjelasan tujuan utama perawatan sebagai berikut : 
  • Mengurangi Penumpukan Deposit
 Deposit adalah musuh utama para pengguna lensa kontak,untuk penjelasan tentang deposit ada di bawah ya,harus tau ya apa itu deposit karena deposit sangatlah sering muncul di setiap penggunaan lensa kontak,perlu di ingat setiap perawatan yang kita lakukan pastinya akan mengurangi penumpukan deposit, maka dari itu tujuan utama perawatan salah satunya mengurangi penumpukan deposit yang menempel pada lensa kontak.
  • Mempertahankan usia Lensa kontak
 maksut dari mempertahankan usia lensa kontak ini sendiri sebenarnya sering di kenal dengan masa pakai lensa kontak, contahnya saja kalian membeli lensa kontak yang masa pakai 3 bulanan, nah lensa kontak yang kalian beli dengan masa pakai 3 bulan akan terasa tidak nyaman pada saat 2 bulan pemakaian,ini terjadi jika kalian tidaklah merawat lensa kontak dengan baik dan benar maka dari itu usia atau masa pakai lensa kontak akan cepat habis,itu semua di sebabkan karna adanya penumpukan deposit pada lensa kontak. yang mengakibatkan masa pakai yang seharusnya 3 bulan tetapi baru 2 bulan sudah tidaklah nyaman, maka dari itu tujuan utama perawatan lensa kontak untuk mempertahankan masa pakai sesuai yang di anjurkan.
  • Menjaga kondisi Lensa kontak
 Menjaga kondisi lensa kontak maksutnya menjaga bentuk,tekstur dari lensa kontak itu sendiri, jika kalian menggunakan lensa kontak yang sudah robek apakah masih nyaman di gunakan ? tentu saja jawabannya tidak,pastinya jika kalian tidaklah merawat lensa kontak dengan baik dan benar, lensa kontak akan mudah robek. tetapi jika kalian merawat lensa kontak dengan baik dan benar maka lensa kontak tersebutpun akan kuat dan tidak mudah robek.
  • Membunuh Bakteri
 Untuk yang satu ini sudahlah umum kalian semua tau bahwa setiap perawatan pasti akan membunuh bakteri,maka dari itu membunuh bakteri sangatlah penting. karena jika bakteri menumpuk pada lensa kontak yaaaa pastinya akan terjadi iritasi pada mata kalian.
  • Menghindari Komplikasi
 Menghindari komplikasi pastinya,...maksutnya adalah agar mata kita tidaklah terjadi iritasi, jika kita melakukan perawatan yang baik dan benar tentu minim sekali terjadi iritasi pada mata kita ya.
  • Menjaga Fisiologi Mata
dan Untuk yang terakhir pastinya menjaga fisiologi mata kalian,berari di sini menjaga agar mata kalian tetaplah sehat dan segar walaupun menggunakan lensa kontak,tetapi ingat ya jika itu semua kalian lakukan berdasarkan perawatan yang baik dan benar.

Dari banyaknya tujuan utama perawatan lensa kontak sangat bermanfaat jika kita juga mengetahui apa itu deposit ? Langung bisa kita ulaskan sebagai berikut :


DEPOSIT

 
Nah untuk menyambung agar lebih jelas kalian bisa memahami tentang deposit ini :
Apa sih itu deposit ?? para pengguna lensa kontak pastilah tau apa itu deposit,tetapi jika ada yang belum tau mari kita ulas bersama jenis-jenis deposit dan cara penangannnya. Deposit adalah kotoran kotoran seperti jamur,licin,berminyak kondisi seperti ini di sebabkan karena kondisi mata kalian sendiri.
jenis-jenis deposit itu ada 5 sebagai berikut :
  • PROTEIN
  • LIPID
  • JELLY BUMP
  • KALSIUM
  • JAMUR
Apa sih sebenarnya yang menyebabkan adanya deposit pada lensa kontak kita ?? mungkin kalian bertanya hal yang serupa seperti apa yang di tanyakan konsumen kepada saya. Maka dari itu ada baiknya kalian harus mengetahui cairan pencuci yang baik di gunakan, Namun jika mengalami ada nya keluhan adanya deposit kalian jangan bingung ataupun takut, di sini kita akan mengetahui penyebab deposit dan cara penangannya.
penyebab adanya deposit sebagai berikut :
  • PROTEIN
deposit protein ini terjadi karena airmata kalian sendiri yang akan menyebabkan adanya deposit protein ini berupa selaput putih pada lensa kontak dan seperti adanya kabut halus di lensa kontak yang menyebabkan lensa kontak akan buram pada saat di gunakan.
jika terjadi hal seperti ini penanganannya gunakan tablet kusus lensa kontak bertujuan untuk melepaskan protein yang menempel pada lensa kontak.
  • LIPID
deposit lipit ini seperti berminyak pada lensa kontak dan terasa licin saat di gunakan. hal ini sangatlah sering terjadi maka dari itu jika terjadi hal seperti ini sebaiknya kalian gunakan MPS atau yang biasa di sebut SOLUTION (Cairan Pencuci) dan lakukan seperti perawatan biasanya.
  • JELLY BUMP
 deposit yang satu ini memanglah jarang di temui, namun deposit ini sangatlah berbahaya bagi pengguna lensa kontak, ciri-ciri deposit ini berupa gumpalan-gumpalan transparan yang besarnya sekitar 2-3 mm. jika terjadi adanya deposit seperti ini solusinya adalah membuang lensa kontak tersebut.
  • KALSIUM
deposit kalsium ?? yaaaps benar sekali, deposit yang satu ini biasanya terjadi karena berlebihnya kalsium pada tubuh kita,sehingga menyebabkan adanya deposit kalsium, ciri-cir deposit ini berupa titik-titik kecil hitam. dan untuk penanganannya satu-satunya lensa kontak harus di buang atau jangan di gunakan lagi, karena deposit yang satu ini cukup berbahaya jika tetap kalian gunakan.
  • JAMUR
Jamur, sesuai dengan namanya jamur ini deposit yang paling berbahaya di bandingkan yang lain,deposit ini penyebab utamanya karena perawatan yang tidak baik dan benar. Untuk ciri-cirinya berupa koloni-koloni menumpuk hitam,ini di sebut juga kumpulan jamur. jika kalian melihat ciri-ciri seoerti ini ada pada lensa kontak yang kalian gunakan, sebaiknya cepat-cepatlah di buang.

jika kalian semua pernah melihat atau merasakan adanya deposit segara kan untuk melakukan cara-cara penanganan seperti yang saya jelaskan di atas tadi,jika kalian tidak melakukan seperti yang saya terangkan,akan sangatlah berbahaya untuk kedepannya. jika kalian ingin tetap menggunakan lensa kontak sebaiknya pastikan kalian semua tau cara perawatan lensa kontak yang baik dan benar.
lanjut lagi untuk keluhan-keluhan umum yang sering terjadi dan sering saya temui pada konsumen saya sebagai berikut :
  1. Lensa kontak tidak nyaman lagi pada saat di gunakan
  2. Penglihatan berubah ubah sesui dengan kedipan
  3. lama pemakaian berkurang
  4. mengakibatkan mata menjadi merah
jika kalian merasakan apa yang ada di antara keluhan-keluhan tersebut sebaiknya kalian segera lakukan cara penangannya, jika setelah penanganan tersebut mata kalian masih bermasalah, segeralah ke praktioner mata kalian atau dokter mata kalian.
perlu kalian ingat pencucian lensa kontak yang baik dan benar adalah kunci perawatan lensa kontak.


Tidaklah terasa sudah lumayan panjang untuk artikel kali ini, semoga yang saya bagikan ini bermanfaat bagi kita semua.Amin sekedar tambahan baca juga ya :
Terima Kasih.

PENYEBAB KOTORNYA LENSA KONTAK (SOFTLENS)

PENYEBAB KOTORNYA LENSA KONTAK (SOFTLENS)

Ada banyak sekali penyebab lensa kontak kalian menjadi kotor atau adanya deposit,kali ini saya akan membahas tentang kenapa lensa kontak kotor dan penyebab terjadi kotor lensa kontak kalian. Banyak yang tidak tau tentang penyebab lensa kontak kotor.
adapun beberapa penyebab yang umum terjadi sebagai berikut :
  • Air Mata
  • Penanganan
  • Produk Perawatan
  • Lingkungan
  • Mengkonsumi Obat
Bahkan Air mata pun bisa mengakibatkan kotor pada lensa kontak kalian,banyak yang tidak tau tentang hal yang satu ini,padahal jika lensa kontak yang kalian guakan kotor pastinya tidaklah nyaman pada saat kalian gunakan, maka dari itu artikel ini di tulis untuk sekedar berbagi pengetahuan untuk wawasan kita berasama, dan untuk penjelasan penyebab-penyabab tersebut sebagai berikut :
  • Air Mata
  Air mata ternyata menjadi salah satu penyebab kotornya lensa kontak,di karnakan di air mata mengandung garam dan minyak yang menyebabkan kotornya lensa kontak yang kalian gunakan.
  • Penanganan
 Apa yang salah dengan penanganan ?? mungkin kalian belum sadar bahwa jika ada salah satu penanganan lensa kontak ini salah maka akan mengakibatkan kotor pada lensa kontak, Contohnya saja seperti tangan tidak bersih dan sisa kosmetik yang menempel pada tangan.
untuk selengkapnya tentang perawatan yang baik dan benar bisa baca di sini.
  • Produk Perawatan
 Produk perawatan lensa kontak maksutnya di sini jika menggunakan cairan pencuci lensa kontak yang sudah terkontaminasi bakteri dan jamur, dan pastinya jika cairan pencuci saja sudah terkontaminasi dengan jamur dan bakteri pastilah berbahaya pada mata kita. jika kalian ingin mengetahui tentang detail cairan yang banyak mengandung anti bakteri dan jamur,bisa juga baca cairan pencuci yang baik di gunakan.
  • Lingkungan
 Lingkungan juga sangat berpengaruh besar terjadinya lensa kontak menjadi kotor,contohnya saja polusi udara,lingkungan yang berdebu dan berasap. banyak juga yang harus di hindari ya, tentu saja banyak di karnakan lensa kontak adalah alat medis bantu oengkihatan yang di letakan di kornea mata,maka dari itu untuk perawatannya pun sangatlah banyak,dan perlu kalian tau juga untuk hal-hal apa saja yang harus di hindari ketika menggunakan lensa kontak.
  • Mengkonsumsi Obat
  kenapa mengkonsumsi obat dapat mengakibatkan lensa kontak kotor ?? apakah kalian akan bertanya seperti itu ?? jika seperti itu,baik sekali pertanyaan seperti itu..mengkonsumsi obat pastilah akan mempengaruhi lensa kontak yang kita gunakan,di karnakan setiap obat mengandung bahan kimia yang membuat mata kita berair,mengantuk dan akan mengakibatkan lensa kontak menjadi kotor.

Mungkin hal-hal tersebut tidaklah banyak yang tau,tetapi untuk sekarang banyak pengguna lensa kontak dengan lensa konta yang berbeda merek,wana,disain,dll. dan untuk penggunanya pun Mulai dari anak remaja,dewasa,sampai yang sudah tua skalipun banyak yang menggunakan lensa kontak,untuk alasannya pun bermacam-macam. Ada yang bilang untuk fashion saja,untuk mempercantik mata, dan ada juga untuk membantu penglihatan. Dari banyaknya alasan-alasan para pengguna lensa kontak ini memanglah benar semua. Tetapi emang untungnya menggunakan lensa kontak apa sih yang sebenarnya ??  maka dari itu baca perlahan dan di cermati ya, terutama bagi kalian para pengguna lensa kontak. Untuk yang pertama kita akan membahas Keuntungannya terlebih dahulu.

Keuntungan pengguna Lensa kontak :
  • Pandangan lebih luas 
  • Meminimalkan magnifikasi/minifikasi 
  • Mengatasi Anisometropia,myopia bahkan astigmatism 
  • Menghilangkan aberasi lensa 
  • Terlihat lebih alami (mata tidak terlihat membesar/mengecil) 
  • Memberi kebebasan dalam beraktifitas seperti olah raga 
Tambahan :
Anisimetropia adalah di mana mata seseorang mengalami beda power minus antara mata kana dan mata kiri, contahnya :
*Mata kanan -1.00
*Mata kiri - 2.00
Pd 64 mpd R/L 32
 Ternyata banyak keuntungan yang dapat kita lihat untuk penggunaan lensa kontak, dari banyaknya keuntungan maka kalian juga harualah merawat lensa kontak sesuai dengan peraturan dan tatacara perawatannya ya,jika belum tau tata cara perawatn lensa kontak yang baik dan benar kalian bisa lihat di sini tata cara perawatan lensa kontak yang baik dan benar. Tetapi perlu kalian semua tau keuntungan tersebut akan bertimbal balik jika kalian tidak merawat lensa kontak dengan baik dan benar.

Kerugian pengguna lensa kontak :

 Sebenarnya tidak ada yang namanya kerugian di lensa kontak ini jika kita menggunakannya sesuai dengan tata cara penggunaannya, Banyak orang yang selalu bilang jika menggunakan lensa kontak maka akan iritasi,mata pedih,bahkan bisa mengakibatkan kebutaan. Memang sangatlah benar apa yang di bicarakan tersebut. Catatan : ITU TERJADI JIKA KALIAN TIDAK MERAWAT LENSA KONTAK DENGAN BAIK DAN BENAR. maka dari itu,,jika kalian ingin menggunakan lensa kontak ya sangatlah di tekankan untuk tau dan bisa merawat lensa kontak secara baik dan benar,,jika kalian tidak melakukan perawatan yang baik dan benar maka efek atau akibat yang akan di alami pun akan sangat berbahaya bagi mata kalian.

kesimpulan :
 keuntungan menggunakan lensa kontak sangatlah banyak,tetapi jika kita tidak melakukan perawatan yang baik dan benar maka akibatnya timbal balik dari keuntungan itu sendiri.

Sudahkah kalian faham untuk pentingnya menjaga lensa kontak agar tetap nyaman di gunakan,tentunya dengan perawatan lensa kontak yang baik dan benar..saya ingatkan sekali lagi perawatan lensa kontak yang baik dan benar adalah kunci utama menggunakan lensa kontak agar tetap nyaman dan aman saat di gunakan, untuk artikel ini semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua,amin
sekedar tambahan jika ingin mengetahui lebih banyak bisa pilih yang ada di bawah ya.

PENYEBAB TERJADINYA IRITASI PENGGUNA SOFTLENS
HAL-HAL YANG PERLU DI HINDARI SAAT MENGGUNAKAN SOFTLENS
BAHAYA TIDUR DENGAN MENGGUNAKAN SOFTLENS

Terima kasih

Thursday 25 August 2016

CAIRAN PENCUCI CONTACT LENS RGP (Rigid Gas Permeable)

Kandungan Cairan pencuci GP MULTI (Solution Kusus RGP) AVIZOR


   Apakah kalian tau Cairan pencuci Gp multi ?? maka dari itu hanya share saja kepada kalian bahwa ada juga Cairan pencuci yang namanya Gp multi. Cairan pencuci yang satu ini adalah Cairan pencuci kusus Untuk Softlens RGP (Rigid Gas Permeable), perlu kalian tau untuk menambah wawasan kita semua. Ada juga selain Gp multi ada juga Ever Clean dan ada juga Menicare dari menicon.
Tetapi untuk di awal saya akan membahas tentang GP MULTI terlebih dahulu.
Adanya kandungan di Gp multi sebagai berikut :
  • Polihexanide
  • Poloxamer
  • PVP
  • EDTA
Hanya ada 4 kandungan saja yang ada pada Cairan pencuci ini,,tetapi untuk fungsinya sudah cukup bagus untuk softlens RGP. di karnakan softlens RGP itu sendiri sudah banyak memberikan oksigen yang cukup di banding softlens yang berbahan Hydrogell,sedangkan RGP berbahan silicon.


  • Polihexanide
 Polihexanide ini berfungsi sebagai pembasmi dan pencegah microorganisme agar tidak membangun pertahanan.
  • Poloxamer
Poloxamer di sini berfungsi sebagai pembersih bakteri yang menempel di softlens,Bakteri yang menempel akan terlepas denfan sendirinya. Maka dari itu setelah kita rendampun softlens harus tetap di cuci dan di bilas ya..Agar bakteri yang sudah lepas bisa hilang.
  • PVP
PvP bekerja sebagai pelembab softlens RGP ini. Dan pastinya agar softlens tetap lembab pada saat di gunakan.
  • EDTA 
dan untuk yang terakhir,Edta berfungsi sebagai penguat pengawet saja. Maka dari itu setiap Cairan pencuci yang ada pengawetnya pasti mempunyai masa pakai,  biasanya masa pakai Cairan pencuci sampai 90 hari atau sekitar 3 bulan ya. Setelah expired harus di buang dan di ganti yang baru.


Kandungan Cairan pencuci EVER CLEAN



   Kandungan dan Keunggulan Cairan pencuci EVER CLEAN,.perlu kalian tau Cairan pencuci Ever clean ini adalah Cairan pencuci yang tidak mengandung bahan pengawet dan dapat di gunakan untuk semua jenis softlens,bukankah sangat cocok untuk kalian yang memiliki alergi terhadap bahan pengawet. Tetapi tidaklah mudah mendapatkan jenis Cairan pencuci Ever clean ini,hanya ada beberapa saja di optik-optik Terkenal pastinya.
selain untuk mendapatkannya tidak mudah,perawatan dan tata cara penggunaannya pun tidaklah mudah seperti Cairan pencuci yang lain.
Oke langsung saja kita membahas apa aja sih keunggulannya ? adapun keunggulannya sebagai berikut :
  • Bebas dari bahan pengawet
  • Tablet yang berfungsi ganda(sebagai penetral & pembersih protein)
  • Tidak perlu di gosok & tidak perlu menggunakan cleaner/saline
  • Daya bersihnya sangat maksimal
  • Kemampuan membunuh microorganisme lebih banyak
  • Dapat di gunakan untuk softlens RGP
  • Masa pakai sampai habis
Hmm,,tentu tidak heran jika  ini sangatlah bagus dan bisa di gunakan untuk semua pengguna softlens.,,Tetapi apakah kalian akan tetap ingin menggunakan Cairan pencuci ini jika perawatannya dan tata cara penggunaannya lumayan ribet di banding penggunaan Cairan pencuci yang lain. gimana sih emang perawatannya ??
Mari kita belajar cara perawatannya,Cara perawatan dan tata cara penggunaan Cairan pencuci Ever clean sebagai berikut :
  •  Cuci tangan menggunakan sabun kusus cuci tangan,Jangan menggunakan sabun yang lain. Dan menggunakan air yang keran yang mengalir ya.
  • Letakan Lensa kontak (softlens) ke tempat kusus (case softlens dari everclean) dan sesuai dengan posisinya R untuk kanan dan L untuk kiri.
  • Isi cairan ever clean ke dalam case kusus tersebut sebatas garis saja, jangan sampai melebihinya dan pastikan softlensnya terendam.
  • Masukan tablet kusus Ever clean ke dalam case yang di sediakan.
  • Letakan pada posisi vertical ya. Jangan letakan secara horizontal di karnakan case kusus tersebut sudah di rancang untuk keadaan vertical.
  • Diamkan minimal 2 jam dan maksimal 2 hari.
Catatan Penting :
Sebagai tambahan yang penting di penggunaan Cairan pencuci Ever clean ini,
  - Jika softlens setelah di rendam tidak kalian gunakan seharian-dua hari,pastikan setelah 2 hari kalian harus ganti Cairan rendaman dan ganti juga tablet kusus ever clean tersebut.
  - Jika kalian sudah melakukan perendaman dan softlens ingin kalian gunakan pastikan cairan rendaman harus berwarna hijau muda, Jika cairan rendaman tidaklah berwarna hijau muda proses perawatan harus di ulangi kembali, kemungkinan kalian lupa memasukan tablet kusus ever clean tersebut.
  -Lalu bilas dengan saline
  -Cairan pencuci ini hanya sebagai pembersih dan perendam ya. Jadi kalian tidak perlu repot'' untuk mencuci softlens lagi.

Nah sungguh maksimal sekali pembersihan dari Cairan pencuci ever clean ini,tetapi hanya perawatannya saja yang sedikit ribet ya. Jika kalian ingin menggunakan Cairan pencuci ever clean ini, Pastikan kalian sudah faham tentang cara perawatan softlens yang baik dan benar Atau kalian bisa melihat jenis-jenis Cairan pencuci yang baik di gunakan.

Kandungan cairan pencuci MENI-CARE dari Minicon (japan)


Penjelasan Kandungan MENI-CARE dari Minicon (japan),Meni-care atau biasa di sebut Menicare plus ini adalah cairan pencuci di mana kandungan-kandungan yang ada pada cairan pencuci ini sangatlah berbeda dengan cairan pencuci softlens RGP yang lain.di karenakan adanya tambahan bahan kandungan yang di sebut progent A dan Progent B.
Adanya kandungan tersebut sebagai berikut :
  • POLOXAMER
  • PHMB
  • HYPROMELOSE
  • EDTA
  • Progent A
  • Progent B
pastinya ada kandungan yang berbeda-beda di setiap cairan pencuci softlens, maka dari itu kita haruslah tau mana yang lebih cocok untuk kondisi yang kita alami, bagi kalian yang mempunyai mata sensitive bisa menggunakan cairan pencuci yang di namakan Unica Sensitive lihat detail cairan tersebut di sini UNICA SENSITIVE.
apa sih kegunaan kandungan-kandungan yang ada di cairan pencuci softlens RGP ini, Langsung saja kita bahas ya.
  •  POLOXAMER
Poloxamer di sini berfungsi untuk pencuci softlens RGP. Bermaksut untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang menempel pada softlens.
  • PHMB
PHMB berfungsi sebagai pembunuh kuman,,dan pastinya jika menggunakan cairan pencuci softlens ini, kuman-kuman akan di basmi habis oleh PHMB ini.
  • HYPROMELOSE
Hypromelose di sini berfungsi sebagai Pelembab,,agar softlens yang kita gunakan tetaplah terjaga kelembabannya.
  • EDTA
Edta sebagai penguat pengawet,,adanya penguat pengawet pastinya untuk masa pakai cairan softlens ini, dan biasanya bertahan 90 hariatau sekitar 3 bulan setelah di buka kemasan.
  • Progent A
 -Sodium Hypochlorite
1. Sodium carbonate
2. Air murni 5 ml perbox
 Semua kandungan ini berfungsi untuk melepaskan oksigen yang ada pada softlens yang akan kalian gunakan, Bukankah kandungan yang ada pada solution ini sangatlah di cari para pengguna softlens, agar softlens yang kalian gunakan tetap memberi oksigen ke mata lebih banyak.


  • Progent B 
 -Pottasium
  Pottasum sendiri berfungsi mempertahankan, menjaga, dan memelihara keseimbangan cairan kandungan-kandungan yang ada pada cairan pencuci ini (MENI-CARE).

 Banyaknya kandungan yang ada pada cairan pencuci ini membuat cara menggunakan dan perawatannya pun sedikit rumit,bagaimana sih cara penggunaanya dan perawatannya??

Untuk cara penggunaan dan perawatan Harian sebagai berikut :
 1. Cuci lah tangan menggunakan sabun kusus (sabun cuci tangan),dan gunakan air yang mengallir seperti kran.
2. Lepas lensa kontak (softlens) dari mata
3. Letakan di case atau tempat yang telah di sediakan dan sesuai R kanan dan L untuk kiri
4. Isi menggunakan cairan pencuci meni-care samapi softlens benar-benar terendam.
5. Diamkan selama 5 menit-semalaman,jika softlens tidak di gunakan selama 12 jam, lakukan pergantian cairan pencuci tersebut.

Dan Untuk cara pengggunaan dan perawatan 2 mingguan sebagai berikut :
1. Cuci lah tangan menggunakan sabun kusus (sabun cuci tangan),dan gunakan air yang mengallir seperti kran.
2. Lepas lensa kontak (softlens) dari mata
3. Letakan di case atau tempat yang telah di sediakan dan sesuai R kanan dan L untuk kiri
4. Masukan Progent A dan Progent B ke tempat yang ada pada kemasan, lalu kocok secara vertical
5. Diamkan selama 30 menit, INGAT tidak boleh kurang dan lebih, jadi haruslah tepat 30 menit, dikarnakan jika lebih dari 30 menit softlens akan melebar dan jika kurang dari 30 menit daya bersihnya tidak maksimal. maka dari itu di tekankan untuk pass 30 menit,jangan kurang ataupun lebih.

Hmmm,,bagaimana ?? sedikit sulit untuk perawatan menggunakan cairan pencuci RGP ??  pastinya..di karna kan softlens RGP sangatlah membutuhkan perawatan extra di banding menggunakan softlens biasa yang berbahan hydrojell.
kurasa sudah cukup jelas bukan tentang Penjelasan CAIRAN PENCUCI SOFTLENS RGP.
Semoga bisa bermanfaat ya bagi anda anda semua. :) Terima Kasih.

Wednesday 24 August 2016

Cairan pencuci softlens COMPLETE-ABBOT

Cairan pencuci COMPLETE-ABBOT

 Selamat malam/siang ataupun pagi,,kali ini saya ingin berbagi tentang Pengertian dan Penjelasan Kandungan yang ada pada Cairan pencuci COMPLETE.. Sudah kalian semua tahu perbedaan Cairan pencuci satu dengan yang lain ?? atau bagaimana membedakannya ?? tentu kalian ingin mengetahuinya agar suatu saat ingin membeli Cairan pencuci tidaklah salah memilih,,kalian bisa mengetahui itu semua dengan cara baca di sini Jenis-jenis Cairan pencuci yang baik di gunakan.
setelah mengetahui jenis-jenisnya kalian akan bisa membandingkan Cairan pencuci mana yang kalian rasa cocok untuk kalian, dan tidak akan bingung lagi untuk membeli merek/produk mana yang harus di beli.
Mungkin langsung saja kita melanjutkan pembahasan Pengertian dan Penjelasan Kandungan yang ada pada Cairan pencuci COMPLETE adapun kandungan sebagai berikut:
  • Sodium chloride
  • Potassium chloride
  • Poloxamer 237
  • Edetate disodium
  • Sodium phosphate monobasic
  • PHMB
  • HPMC
 cukup banyak ya kandungan yang ada pada Cairan pencuci yang satu ini,banyaknya kandungan membuat kita lebih extra menghafal apa saja manfaat jika ada kandungan-kandungan tersebut. agar sesuatu saat kita bisa menjawab apa keunggulan dari Cairan pencuci ini dan mengapa menggunakan Cairan pencuci yang ini.
mari kita lanjutkan ke topiknya,penjelasan kandungan Cairan pencuci COMPLETE :


  • Sodium chloride 
Kandungan sodium chloride ini berfungsi untuk melepaskan oksigen yang ada pada softlens yang akan kalian gunakan, Bukankah kandungan yang ada pada Cairan pencuci ini sangatlah di cari para pengguna softlens, agar softlens yang kalian gunakan tetap memberi oksigen ke mata lebih banyak.
  • Potassium chloride
 Kandungan yang satu ini hanya berfungsi sebagai pengatur kesembangan air yang ada pada softlens,maksutnya mengatur agar softlens tetap terjaga kelembabannya.
  • Poloxamer 237
 Untuk kandungan yang satu ini berfungsi sebagai PENCUCI dan PENGHILANG KOTORAN yang ada pada softlens,maksutnya untuk proses pencucian akan lebih mudah untuk merontokan bakteri/protein yang menempel pada softlens,dan penghilang kotoran berfungsi sebagai penuntas bakteri yang menempel di softlens.
  • Edetate disodium
 kandungan ini sebagai pengawet,ternyata Cairan pencuci mengandung pengawet..Tentu saja,maka dari itu Cairan pencuci hanya bertahan sampai 90 hari atau sekitr 3 bulan,dan perlu kalian ingat juga jangan menggunakan Cairan pencuci yang sudah expired ya. baca juga penyebeb terjadinya iritasi pengguna softlens.
  • Sodium phosphate monobasic
 Kandungan yang satu ini tidaklah di miliki Cairan pencuci yang lainnya,di karenakan kandungan ini berfungsi sebagai pengelola air.,mungkin kalain akan bertanya yang di maksut air mata atau air yang ada pada softlens...??? jangan kawatir karena pastinya kandungan ini mengelola air mata dan juga air yang ada pada softlens.
  • PHMB
  PHMB ini berfungsi sebagai pembunuh bakteri, jadi kalian terhindar dari bakteri-bakteri yang menempel pada softlens kalian jika menggunakan Cairan pencuci yang satu ini, tetapi tetap saja mengikuti cara perawatan softlens yang baik dan benar.
  • HPMC
 yang terakhir HPMC berfungsi sebagai pelembab sekaligus mencegah mata kering dan iritasi, inilah kandungan andalan dari Cairan pencuci COMPLETE ini,Cairan pencuci ini di recomended bagi kalian yang suka mengalami mata mudah kering.

Sudahkah kita bahas banyaknya kandungan dari Cairan pencuci COMPLETE ini sangatlah banyak pula keunggulannya,bisa kita lihat kandungan-kandungan yang kaya akan melembabkan menjadikan  yang satu ini, Cairan pencuci ini menjadi yang di recomendasikan untuk kalian yang mempunyai mata yang mudah kering.
Sekarangpun kalian sudah mengetahui perbedaan Cairan pencuci satu dengan Cairan pencuci yang lain,,adapun perbedaanya pasti mengenai kandungan,tetapi perlu kalian ingat juga bahwa setiap Cairan pencuci memiliki keunggulan masing-masing.
Dan untuk tambahan kalian bisa lihat-lihat isi kandungan dan penjelasan Cairan pencuci yang lain :
Pengertian dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci Aqua-soft (Avizor)
Pengertian dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci UNICA SENSITIVE (AVIZOR)
Pengertian dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci Opti-Free - ALCON
Pengertian Dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci RE-NU (Bousch & Loumb)
Pengertian Dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci COMPLETE-ABBOT

Dan Untuk pengguna softlens RGP bisa lihat yang di bawah ini :

Pengertian Dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci EVER CLEAN
Penjelasan kandungan Cairan pencuci GP MULTI
Penjelasan Kandungan Cairan pencuci MENI-CARE dari Minicon (japan).

Terima Kasih,
Sekian dulu artikel saya tulis untuk membagi pengalaman saya,semoga bermanfaat ya buat kalian semua,amin

Cairan pencuci softlens RE-NU (Bousch & Loumb)

Cairan pencuci RE-NU (Bousch & Loumb)


 Assalamualaikum,kali ini saya ingin berbagi tentang pengertian dan penjelasan kandungan yang ada pada Cairan pencuci RE-NU. sebelum kita mengulas pengertian dan penjelasan yang ada pada Cairan pencuci ini. Saya ingin menanyakan apakah kalian semua sudah tau cara perawatan softlens yang baik dan benar ?? ada baiknya jika kalian sudah mengetahuinya,karna cara perawatan softlens sangatlah penting,jika kalian sampai salah merawatnya akan terjadi iritasi yang berbahaya bagi mata kalian ya..maka dari itu saya tekankan untuk keamanan kalian sendiri ya. Dan jika kalian sudah memahaminya lanjut ke pembahasan ini ya.
seperti yang saya tulis di artikel yang sebelumnya kandungan RE-NU sebagai berikut :
  • Hydranate
  • Poloxamine
  • DYMED
  • Boric acid
  • Edetate disodium
  • Sodium borate
  • Sodium chloride
Dari banyaknya kandungan yang ada pada Cairan pencuci ini semuanya sangatlah penting untuk menjaga softlens kalian dan mata kalian,tetapi tetap saja walaupun kandungan yang ada pada Cairan pencuci itu bagus,kalian juga harus merawat softlens kalian dengan baik dan benar ya kawan''..oke kita lanjut untuk penjelasan yang pertama:
  • HYDRANATE
 kandungan Hydranate ini sebagai pembersih Deposit yang ada pada softlens setiap harinya,bukankah kandungan seperti ini yang kaian semua cari,,tetapi tidak menutup kemungkinan ada deposit di softlens jika menggunakan Cairan pencuci ini,,justru kandungan ini akan bekerja maksimal jika kalian juga melakukan perawatan softlens yang baik dan benar.
  • POLOXAMINE
 Kandungan yang satu ini bekerja ganda (double) sebagai pencuci dan pembasah bukankah sangatlah wow,satu kandungan bekerja ganda. Maka dari itu Cairan pencuci ini di recomended untuk kalian yang mengalami mata mudah kering. poloxamine yang bekerja ganda membuat softlens yang kalian gunakan akan selalu terasa lembab dan basah.
  • DYMED
 Kandungan yang satu ini berperan penting dalam Cairan pencuci RE-NU sebagai pembunuh bakteri, setiap solution pastilah mempunyai pembunuh bakteri. di karnakan softlens yang kalian gunakan tidak mungkin jika tidak ada bakteri.
maka dari itu setiap Cairan pencuci haruslah memiliki pembunuh bakteri.
  • BORIC ACID
 kandungan ini sebagai anti jamur yang ada pada Cairan pencuci RE-NU,hmm ada anti bakterinya membuat kalian semua tak perlu kawatir tentang adanya jamur di softlens kalian,tetapi ingat ya semua Cairan pencuci dan sebaik-baiknya Cairan pencuci tergantung perawatan kita terhadap softlens tersebut.
  • EDETE DISODIUM
 kandungan ini sebagai pengawet,ternyata Cairan pencuci mengandung pengawet..Tentu saja,maka dari itu Cairan pencuci hanya bertahan sampai 90 hari atau sekitr 3 bulan,dan perlu kalian ingat juga jangan menggunakan Cairan pencuci yang sudah expired ya. baca juga penyebeb terjadinya iritasi pengguna softlens.
  • SODIUM BORATE
 Kandungan ini sebagai pembersih,,kandungan ini juga sedikit berbahya jika tertelan. Tetapi jika cuma sedikit ya tidak masalah, jangan sampai di minum saja ,hhe
semua ini juga aman jika masih mengikuti peraturan penggunaan yang ada pada setiap Cairan pencuci.
  • SODIUM CHLORIDE 
 berfungsi untuk melepaskan oksigen yang ada pada softlens yang akan kalian gunakan, Bukankah kandungan yang ada pada Cairan pencuci ini sangatlah di cari para pengguna softlens, agar softlens yang kalian gunakan tetap memberi oksigen ke mata lebih banyak.


Kita sudah membahas tentang pengertian dan penjelasan kandungan yang ada pada Cairan pencuci RE-NU,, dan mungkin kalian akan tertarik dan memilih untuk menggunakan Cairan pencuci ini dikarnakan kandungan yang banyak akan bekerja maksimal membersihkan softlens yang akan kalian gunakan,saya setuju sekali dengan hal itu, tetapi kalian bisa baca catatan yang saya berikan di bawah ya.
CATATAN:
Tetapi banyaknya kandungan yang ada pada Cairan pencuci ini tidak di recomendasikan kepada kalian yang mempunyai mata sensisitive. Di karnakan banyaknya bahan kimia yang tercampur di Cairan pencuci ini sangatlah berbahaya untuk kalian yang mempunyai mata sensitive.

Hmmm,,kalian sudah tau dong apa saja yang ada di Cairan pencuci ini,dan bukankah sangat maksimal untuk pembersihan softlensnya. saya rasa cukup itu saja yang ada di Cairan pencuci RE-NU ini. untuk kurang dan salah kata mohon maaf.
jika banyak untungnya ya saya ucapkan Terima Kasih.
Dan untuk tambahan kalian bisa lihat-lihat isi kandungan dan penjelasan Cairan pencuci yang lain :
Pengertian dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci Aqua-soft (Avizor)
Pengertian dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci UNICA SENSITIVE (AVIZOR)
Pengertian dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci Opti-Free - ALCON
Pengertian Dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci RE-NU (Bousch & Loumb)
Pengertian Dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci COMPLETE-ABBOT

Dan Untuk pengguna softlens RGP bisa lihat yang di bawah ini :

Pengertian Dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci EVER CLEAN
Penjelasan kandungan Cairan pencuci GP MULTI
Penjelasan Kandungan Cairan pencuci MENI-CARE dari Minicon (japan).

Semoga bermanfaat,Amin

Cairan pencuci softlens Opti-Free - ALCON

Cairan pencuci Opti-Free - ALCON

 

Assalamuallaikum,,bissmilahirohmannirohim,,
   Selamat malam/pagi/siang semuanya,,,Untuk kali ini saya akan menjelaskan kepada semuanya tentang Pengertian dan Penjelasan tentang Kandungan yang ada pada Cairan pencuci OPTI-FREE.
 Banyak Cairan pencuci di pasaran membuat kita bingung harus menggunakan Cairan pencuci merek apa ? kandungannya apa ? keunggulannya apa ? bedanya dengan Cairan pencuci yang lain apa ? Banyaknya yang menanyakan seperti itu ke saya..sekedar informasi saya bukanlah dokter,tetapi saya hanya CREW di OPTIK TERMUKA di INDONESIA. Dan Alhamdulilah saya bisa membagi ilmu saya melalui artikel ini,dan tambahan sekarang saya sedang bertugas di Banda Aceh. Di rasa sudah cukup kenalannya.hhehe
Langsung saja inilah kandungan yang ada pada Cairan pencuci OPTI-FREE sebagai berikut:
  • TEARGLYDE
  • CITRATE
  • POLYQUAD
  • ALDOX
Terlihat sangatlah sedikit untuk kandungan yang ada pada Cairan pencuci OPTI-FREE ini, Tetapi kalian jangan salah faham terlebih dahulu,,karena walaupun hanya sedikit kemampuan kandungan Cairan pencuci ini sangatlah ampuh,dan banyak kelebihan dibanding Cairan pencuci yang lain.
langsung saja apa sih emang kemampuan kandungan yang ada pada Cairan pencuci satu ini, Penjelasan yang pertama sebagai berikut :


  • TEARGLYDE
  Kandungan yang satu ini adalah sebagai pelembab yang ada pada Cairan pencuci ini,dan pastinya namanya pelembab pasti untuk melembabkan,,intinya kegunaan untuk softlens sendiri bertujuan agar softlens tetaplah lembab pada saat di gunakan dan tidak mudah kering.
  • CITRATE
  Kandungan citrate sebagai pencuci sekaligus pembersih protein yang menempel pada permukaan softlens,,bukankah sangatlah ampuh bekerja double dalam satu kandungan saja.
  • POLYQUAD
  Kandungan yang satu ini berfungsi sebagai Anti bakteri,berfungsi mencegah bakteri/microorganisme untuk menumpuk di softlens,,tetapi walaupun ada kandungan seperti ini kalian harus tetap melakukan perawatan yang baik dan benar ya.
  • ALDOX
 Dan untuk kandungan yang terakhir adalah kandungan ALDOX yang berfungsi sebagai anti Fungi,Jamur dan Achanthamoeba, Bukankah sangat spesial skali untuk kandungan yang satu ini karna hanya Cairan pencuci OPTI-FREE lah yang mempunyai kandungan seperti ini.

Tambahan :
walaupun kandungan Cairan pencuci itu sangatlah bagus untuk softlens tetapi perlu kalian ingat bahwa pencucian dan cara perawatan yang baik dan benar adalah kunci utama kalian terhindar dari iritasi mata dan satu lagi yang paling penting masa pakai Hanya 90 hari atau 3 bulan.
Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan untuk kali ini mengenai Pengertian dan Penjelasan tentang Kandungan yang ada pada Cairan pencuci OPTI-FREE. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita agar tidak memilih sembarangan Cairan pencuci (Cairan pencuci) softlens.
kalian bisa baca juga tentang Pemilihan Solution yang Baik di gunakan.
Dan untuk tambahan kalian bisa lihat-lihat isi kandungan dan penjelasan Cairan pencuci yang lain :
Pengertian dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci Aqua-soft (Avizor)
Pengertian dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci UNICA SENSITIVE (AVIZOR)
Pengertian dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci Opti-Free - ALCON
Pengertian Dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci RE-NU (Bousch & Loumb)
Pengertian Dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci COMPLETE-ABBOT

Dan Untuk pengguna softlens RGP bisa lihat yang di bawah ini :

Pengertian Dan Penjelasan Kandungan Cairan pencuci EVER CLEAN
Penjelasan kandungan Cairan pencuci GP MULTI
Penjelasan Kandungan Cairan pencuci MENI-CARE dari Minicon (japan).

Terima Kasih.