Sunday 21 August 2016

HAL-HAL YANG PERLU DI HINDARI SAAT MENGGUNAKAN SOFTLENS

Hal-Hal yang tidak boleh di lakukan pada saat menggunakan softlens (Lensa Kontak)

   Hal-hal apa saja yang perlu anda perhatikan dan hindari pada saat menggunakan softlens.
walaupun anda sudah melakukan perawatan softlens yang baik dan benar ada juga Hal-hal apa saja yang tidak boleh anda lakukan pada saat anda sedang menggunakan softlens,jika hal-hal ini tidak anda perdulikan akan berdampak buruk untuk di hari mendatang. semua orang  pasti tidak ingin terjadi sesuatu hal buruk terhadap dirinya apalagi bagian mata.

Perhatikan dan pahami supaya anda dapat menjaga kondisi mata anda tetap sehat tetapi tetap fashion.
ini adalah beberapa Hal yang tidak boleh anda lakukan pada saat menggunakan softlens sbb:

 1. Hindari Penggunaan Ketika Berenang
karna air yang ada di kolam/laut itu pasti terdapat microorganisme bakteri-bakteri yang akan menempel pada softlens jika anda berenang menggunakan softlens,terdapatnya bakteri dan microorganisme lain yang dapat merusak dan menempel pada lensa kontak itu sendiri dan pada akhirnya beresiko membuat mata anda iritasi.

2. Hindari Memakai Softlens Ketika Tidur
  perlu kita tau ketika softlens menempel pada kornea mata dan akan sangat berbahaya jika mata kehilangan kelembapanya dan bahayanya lagi ketika anda tidur, mata akan kering dan kelembapanya pun menurun, jika ini terjadi softlens akan menempel keras dan bisa membuat mata anda iritasi dan pada pagi harinya kemungkinan soflens akan sulit sekali untuk di lepas dan mata anda akan mengalami yang namanya Edema/Hipoxia.

3. Menggunakan Softlens yang tidak Sesuai (Diameter terlalu besar)
  Banyak yang mencari softlens dengan diameter yang besar alias tidak sesuai dengan ukuran dengan kornea mata, efek negatif yang bisa timbul jika lensa kontak tidak seukuran adalah bisa melukai kornea mata itu sendiri karena fungsi kornea adalah untuk memantulkan sinar yang masuk ke mata.

4. Ketahui Kondisi Kesehatan Mata

Nah ini juga sangatalah penting,apakah anda yakin mata anda akan langsung cocok jika memakai softlens?
bentuk kornea setiap manusia berbeda-beda ada yang rata, setengah cembung, dan ada yang tidak rata. dan apa jadinya jika ternyata bentuk kornea kita tidak rata dan memaksakan tetap memakai softlens?

tentu saja bisa melukai kornea mata itu sendiri dan ada baiknya anda periksakan dan konsultasikan ke dokter atay ke optik-optik terdekat sebelum memutuskan untuk menggunakan softlens.

5. Kualitas Softlens itu penting
seperti kata banyak orang ada harga ada rupa dan tidak heran jika semakin mahal suatu softlens tentu keamananya lebih baik.
tapi perlu anda perhatikan juga,sekarang banyak penjualan-penjualan softlens dengan bahan daur ulang.
Saran:sebaiknya beli di store yang terpercaya.
Tetapi perlu di ingat harga softlens tetap saja tidak dapat menutup kemungkinan bahaya yang dapat di timbulkan.

6. Menggunakan Softlens di Tempat Berdebu
  Untuk kalian yang aktifitasnya banyak di luar/lapangan usahan jauhkan penggunaan softlens di tempat yang berdebu, resiko yang sangat besar debu-debu tersebut menempel di softlens dan membuat iritasi.
sebaiknya sebisa mungkin hindari tempat tersebut namun bila terpaksa gunakanlah pelindung tambahan seperti KACAMATA SUNGLASS dan sesudah itu lepas softlens dan bersihkan dengan cairan khusus.
7. Perlengkapan Softlens itu Penting
jika anda suka menggunakan softlens tetapi tidak memiliki perlengkapanya sungguh keterlaluan. Hal Ini Wajib . Anda akan selalu dituntut untuk wajib selalu membawa perlengkapan tersebut kemanapun anda pergi di saat menggunakan lensa kontak.

perlengkapan lensa kontak antara lain tempat softlens (Case), obat tetes mata(reweting), dan cairan khusus softlens(solution). jadi ketika anda hendak melepas softlens bisa melakukanya kapanpun dan jika mendadak membutuhkanya anda bisa menghindari resiko buruk lainya.

8. Hindari makan menggunakan tangan saat sedang menggunakan softlens
  pasti banyak yang tidak tahu tentang hal yang satu ini kan, dikarnakan banyaknya aktifitas yang anda lakukan sampai lupa saat anda makan menggunakan tangan, tangan anda terkena minyak,sambal dsb, dan akibatnya pada saat setelah smuanya terjadi saat anda memakai/melepas softlens akan terasa perih dan pedas pada saat softlens digunakan.
dan perlu di ingat, tangan yang terkena minyak/sambal walaupun anda cuci sampai 5x pun tidak akan bersih 100%,terkecuali anda tunggu sampai 24 jam setelah kita cuci.

Untuk sekarang kalian semua sudah tau hal-hal apa saja yang harus di hindari pada saat menggunakan softlens,semoga menambah wawasan kita semua.
Terima kasih,
@Infooptikku.idv
Http://www.infooptikku.com

No comments:

Post a Comment