Friday 26 August 2016

TUJUAN UTAMA PERAWATAN LENSA KONTAK (SOFTLENS)

TUJUAN  UTAMA PERAWATAN LENSA KONTAK (SOFTLENS)



   Adapun tujuan perawatan lensa kontak pastinya untuk membersihkan dan merawat lensa kontak agar tetap nyaman di gunakan, untuk semacam itu pastilah sudah benar sekali, namun kali ini saya ingin berbagi tentang tujuan yang sangat penting atau tujuan utama perawatan lensa kontak agar terhindar dari deposit,bakteri dan yang pastinya tetap nyaman di gunakan. apa sih tujuan utama perawatan lensa kontak ? langsung saja tujuan utama perawatan lensa kontak :
  • Mengurangi Penumpukan Deposit
  • Mempertahankan usia Lensa kontak
  • Menjaga kondisi Lensa kontak
  • Membunuh Bakteri
  • Menghindari Komplikasi
  • Menjaga Fisiologi Mata
banyaknya tujuan utama tersebut akan kita rangkum dalam artikel kali ini,semoga bermanfaat dan menambah wawasan ya, penjelasannya pun pasti akan sedikit panjang, tetapi kalian haruslah tau pengertian-pengertian tujuan utama tersebut agar kalian lebih faham dan menjaga lensa kontak kalian agar tetap nyaman saat di gunakan. Untuk penjelasan tujuan utama perawatan sebagai berikut : 
  • Mengurangi Penumpukan Deposit
 Deposit adalah musuh utama para pengguna lensa kontak,untuk penjelasan tentang deposit ada di bawah ya,harus tau ya apa itu deposit karena deposit sangatlah sering muncul di setiap penggunaan lensa kontak,perlu di ingat setiap perawatan yang kita lakukan pastinya akan mengurangi penumpukan deposit, maka dari itu tujuan utama perawatan salah satunya mengurangi penumpukan deposit yang menempel pada lensa kontak.
  • Mempertahankan usia Lensa kontak
 maksut dari mempertahankan usia lensa kontak ini sendiri sebenarnya sering di kenal dengan masa pakai lensa kontak, contahnya saja kalian membeli lensa kontak yang masa pakai 3 bulanan, nah lensa kontak yang kalian beli dengan masa pakai 3 bulan akan terasa tidak nyaman pada saat 2 bulan pemakaian,ini terjadi jika kalian tidaklah merawat lensa kontak dengan baik dan benar maka dari itu usia atau masa pakai lensa kontak akan cepat habis,itu semua di sebabkan karna adanya penumpukan deposit pada lensa kontak. yang mengakibatkan masa pakai yang seharusnya 3 bulan tetapi baru 2 bulan sudah tidaklah nyaman, maka dari itu tujuan utama perawatan lensa kontak untuk mempertahankan masa pakai sesuai yang di anjurkan.
  • Menjaga kondisi Lensa kontak
 Menjaga kondisi lensa kontak maksutnya menjaga bentuk,tekstur dari lensa kontak itu sendiri, jika kalian menggunakan lensa kontak yang sudah robek apakah masih nyaman di gunakan ? tentu saja jawabannya tidak,pastinya jika kalian tidaklah merawat lensa kontak dengan baik dan benar, lensa kontak akan mudah robek. tetapi jika kalian merawat lensa kontak dengan baik dan benar maka lensa kontak tersebutpun akan kuat dan tidak mudah robek.
  • Membunuh Bakteri
 Untuk yang satu ini sudahlah umum kalian semua tau bahwa setiap perawatan pasti akan membunuh bakteri,maka dari itu membunuh bakteri sangatlah penting. karena jika bakteri menumpuk pada lensa kontak yaaaa pastinya akan terjadi iritasi pada mata kalian.
  • Menghindari Komplikasi
 Menghindari komplikasi pastinya,...maksutnya adalah agar mata kita tidaklah terjadi iritasi, jika kita melakukan perawatan yang baik dan benar tentu minim sekali terjadi iritasi pada mata kita ya.
  • Menjaga Fisiologi Mata
dan Untuk yang terakhir pastinya menjaga fisiologi mata kalian,berari di sini menjaga agar mata kalian tetaplah sehat dan segar walaupun menggunakan lensa kontak,tetapi ingat ya jika itu semua kalian lakukan berdasarkan perawatan yang baik dan benar.

Dari banyaknya tujuan utama perawatan lensa kontak sangat bermanfaat jika kita juga mengetahui apa itu deposit ? Langung bisa kita ulaskan sebagai berikut :


DEPOSIT

 
Nah untuk menyambung agar lebih jelas kalian bisa memahami tentang deposit ini :
Apa sih itu deposit ?? para pengguna lensa kontak pastilah tau apa itu deposit,tetapi jika ada yang belum tau mari kita ulas bersama jenis-jenis deposit dan cara penangannnya. Deposit adalah kotoran kotoran seperti jamur,licin,berminyak kondisi seperti ini di sebabkan karena kondisi mata kalian sendiri.
jenis-jenis deposit itu ada 5 sebagai berikut :
  • PROTEIN
  • LIPID
  • JELLY BUMP
  • KALSIUM
  • JAMUR
Apa sih sebenarnya yang menyebabkan adanya deposit pada lensa kontak kita ?? mungkin kalian bertanya hal yang serupa seperti apa yang di tanyakan konsumen kepada saya. Maka dari itu ada baiknya kalian harus mengetahui cairan pencuci yang baik di gunakan, Namun jika mengalami ada nya keluhan adanya deposit kalian jangan bingung ataupun takut, di sini kita akan mengetahui penyebab deposit dan cara penangannya.
penyebab adanya deposit sebagai berikut :
  • PROTEIN
deposit protein ini terjadi karena airmata kalian sendiri yang akan menyebabkan adanya deposit protein ini berupa selaput putih pada lensa kontak dan seperti adanya kabut halus di lensa kontak yang menyebabkan lensa kontak akan buram pada saat di gunakan.
jika terjadi hal seperti ini penanganannya gunakan tablet kusus lensa kontak bertujuan untuk melepaskan protein yang menempel pada lensa kontak.
  • LIPID
deposit lipit ini seperti berminyak pada lensa kontak dan terasa licin saat di gunakan. hal ini sangatlah sering terjadi maka dari itu jika terjadi hal seperti ini sebaiknya kalian gunakan MPS atau yang biasa di sebut SOLUTION (Cairan Pencuci) dan lakukan seperti perawatan biasanya.
  • JELLY BUMP
 deposit yang satu ini memanglah jarang di temui, namun deposit ini sangatlah berbahaya bagi pengguna lensa kontak, ciri-ciri deposit ini berupa gumpalan-gumpalan transparan yang besarnya sekitar 2-3 mm. jika terjadi adanya deposit seperti ini solusinya adalah membuang lensa kontak tersebut.
  • KALSIUM
deposit kalsium ?? yaaaps benar sekali, deposit yang satu ini biasanya terjadi karena berlebihnya kalsium pada tubuh kita,sehingga menyebabkan adanya deposit kalsium, ciri-cir deposit ini berupa titik-titik kecil hitam. dan untuk penanganannya satu-satunya lensa kontak harus di buang atau jangan di gunakan lagi, karena deposit yang satu ini cukup berbahaya jika tetap kalian gunakan.
  • JAMUR
Jamur, sesuai dengan namanya jamur ini deposit yang paling berbahaya di bandingkan yang lain,deposit ini penyebab utamanya karena perawatan yang tidak baik dan benar. Untuk ciri-cirinya berupa koloni-koloni menumpuk hitam,ini di sebut juga kumpulan jamur. jika kalian melihat ciri-ciri seoerti ini ada pada lensa kontak yang kalian gunakan, sebaiknya cepat-cepatlah di buang.

jika kalian semua pernah melihat atau merasakan adanya deposit segara kan untuk melakukan cara-cara penanganan seperti yang saya jelaskan di atas tadi,jika kalian tidak melakukan seperti yang saya terangkan,akan sangatlah berbahaya untuk kedepannya. jika kalian ingin tetap menggunakan lensa kontak sebaiknya pastikan kalian semua tau cara perawatan lensa kontak yang baik dan benar.
lanjut lagi untuk keluhan-keluhan umum yang sering terjadi dan sering saya temui pada konsumen saya sebagai berikut :
  1. Lensa kontak tidak nyaman lagi pada saat di gunakan
  2. Penglihatan berubah ubah sesui dengan kedipan
  3. lama pemakaian berkurang
  4. mengakibatkan mata menjadi merah
jika kalian merasakan apa yang ada di antara keluhan-keluhan tersebut sebaiknya kalian segera lakukan cara penangannya, jika setelah penanganan tersebut mata kalian masih bermasalah, segeralah ke praktioner mata kalian atau dokter mata kalian.
perlu kalian ingat pencucian lensa kontak yang baik dan benar adalah kunci perawatan lensa kontak.


Tidaklah terasa sudah lumayan panjang untuk artikel kali ini, semoga yang saya bagikan ini bermanfaat bagi kita semua.Amin sekedar tambahan baca juga ya :
Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment