Thursday 29 September 2016

Cara Mengatasi Mata Merah (iritasi) karena Softlens

Cara Mengatasi Mata Merah karena Softlens



    Seiring bertambah banyaknya pengguna softlens,banyak yang kurang faham juga tentang tata cara perawatan softlens yng baik dan benar,sampai-sampi mengakibatkan salah satunya Mata Merah.
Banyak faktor yang mengakibatkan hal semacam ini, maka dari itu di sini kita membahas cara mengatasinya, adapun cara mengatasinya, anda haruslah tahu terlebih dahulu apa saja penyebab mata merah itu sendiri.
Mata merah inipun sebenarnya terjadi karena beberapa hal berikut :

- Perawatan yang tidak benar

     Pastinya sesuatu hal yang tidak di lakukan dengan baik dan benar akan mengalami dampak, sama halnya dengan menggunakan softlens, jika menggunakan softlens harusnya melakukan perawatan softlens yang baik dan benar. ini adalah salah satu penyebab utama mata merah yang sering terjadi pada anda pengguna softlens. Jika anda kurang faham tentang perawatan softlens yang baik dan benar, anda bisa membacanya di sini.

- Penggunaan softlens yang berlebihan

    Dan juga bisa di fahami apapun yang berlebihan pasti tidaklah baik,
contoh 1 : jika masa pakai softlens 1 bulan, ya haruslah di gunakan maksiml 1 bulan. Jangan sampai lebih dari 1 bulan, Walaupun softlens tersebut masih terasa nyaman di gunakan !! jika anda menggunakan softlens yang sudah expired (kadaluarsa), bayangkan saja apa yang terjadi jika anda memakan makanan yang sudah expired (kadaluarsa). terlebih softlens yang smakin lama di gunakan akan lebih bnyak menumpuknya bakteri-bakteri di softlens tersebut walaupun sudah di bersihkan secara rutin.
contoh 2 :
batas waktu penggunaan softlens setiap harinya,untuk penggunaan softlens normalnya maksimal 8-9 jam dalam sehari ada juga yang sampai 12-14 jam tergantung dari bahan softlens tersebut.
Adapun Bahan softlens sebagai berikut :
1. Untuk yang 8-9 jam sehari berbahan Hydrojell
2. Untuk yang 12-14 jam itu berbahan Silicon Hydrojell
sebenarnya ada bbrpa bahan'' softlens,tetapi untuk yang umumnya sekarang banyak di gunakan itu yang berbahan Hydrojell dan Silicon hydrojell.

- Penumpukan deposit

     Penumpukan deposit ini sendiri terjadi karena perawatan yang tidak baik atau bisa di bilang jorok, pastinya jika softlens sudah ada penumpukan deposit maka deposit yang ada di softlens akan menempel pada kornea mata, dan mengakibatkan mata merah, bahkan bisa lebih parah lagi. jika anda kurang faham tentang apa itu Deposit, anda bisa membacanya di sini.

- Mata kekurangan oksigen

    Bukannya kita semua membutuhkan oksigen,salah satunya mata pun pasti membutuhkan oksigen juga. Jika anda menggunakan softlens pastinya kornea mata akan tertutupi dan oksigen yang masuk ke kornea mata akan terhambat atau bisa di bilang tidak lancar semestinya. Hal semacam ini yang biasa terlupakan oleh pengguna softlens, maka dari itu perlu anda tahu dan ingat semakin cepat masa pakai softlens habis, semakin banyak lubang oksigen yang ada pada softlens tersebut dan dengan maksut menghantar oksigen masuk ke kornea mata dengan tujuan agar mata tidak kekurangan oksigen.
tambahan saja contoh softlens dengan bahan yang sama dan masa pakainya :
a. softlens masa pakai 1 hari
Banyaknya lubang oksigen pada softlens ini membuat anda nyaman tanpa takut mata anda kekurangan oksigen, tetapi softlens yang seperti ini pun lebih cepat menyerap kotoran sehingga masa pakainya pun semakin pendek.
b. softlens masa pakai 1 Bulan
memanglah untuk softlens ini tidaklah banyak oksigen yang di hantar masuk ke kornea mata di banding softlens yang masa pakai 1 hari, tetapi untuk jenis softlens ini karnea lebih sedikit lubang oksigen maka lebih sedikit juga kotoran yang menempel, maka dari itu softlens bisa bertahan hingga 1 Bulan itupun jika perawatan di lakukan secara teratur. Dan perlu di ingat juga tergantung dari bahan Softlens tersebut.

-Tidak mencuci tangan saat menggunakan/melepas softlens

     Bayangkan saja ketika anda ingin makan menggunakan tangan tetapi tidak mencuci tangan terlebih dahulu ?? sudah dapat di pastikan adanya bakteri yang menempel pada tangan akan berpindah ke softlens jika anda semua tidaklah mencuci tangan terlebih dahulu saat menggunakan/melepas softlens. Bakteri-bakteri ini lah yang mengakibatkan mata merah serta iritasi. Maka dari itu sangat sangat lah saya sarankan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. bisa di bilang (Harus)

-Tertidur dengan menggunakan softlens

     Bagaimana jika tidur menggunakan softlens ? sebelumnya saya ingin menjelaskan ketika anda tidur tidak menggunakan softlens, ketika anda semua tidur kelopak mata anda akan menutupi kornea mata yang akan mengakibatkan kornea kekurangan oksigen, maka dari itu ketika anda bangun tidur mata anda terasa bengkak, Apalagi ketika anda semua tidur dengan menggunakan softlens, anda bisa membayangkannya sendiri dan ini lah salah satu kenapa mata merah serta iritasi dan Menyebabkan Hypoxia.

Tetapi dari semua pembahasan di atas pokok utamanya adalah :
kemungkinan besar karna tata cara perawatan softlens yang tidak benar. Maka dari itu ada baiknya mempelajari terlebih dahulu tata cara perawatan softlens yang baik dan benar di sini.
Untuk mengatasi hal berikut ini sangatlah mudah saja, Jika perawatan anda sudah baik dan benar tetapi masih mengalami mata merah ??
Mungkin ada beberapa penyebab di atas yang belum anda hindari ??
yang pertama anda harus lakukan ketika terjadi mata merah (iritasi) adalah :

1. Lepaskan Softlens yang anda gunakan
2. Hentikan penggunaan Softlens untuk beberapa hari
3. Hindari cairan pencuci expired (kadaluarsa)
4. Hindari case atau tempat softlens yang kotor (Softlens baru harus case baru)
5. Cek Kondisi fisik softlens (Sobek/tidaknya)
6. Ganti Softlens

Beberapa solusi di atas sebenarnya sudahlah cukup untuk mengatasi masalah mata merah atau iritasi ringan, di karnakan jika anda semua faham tentang cara perawatan yang baik dan benar hal seperti ini sangatlah minim terjadi.
catatan : kunci utama menggunakan softlens adalah cara perawatan yang baik dan benar.

1. Lepaskan Softlens yang anda gunakan

      Melepaskan softlens dengan maksut agar mata tidaklah semakin parah untuk merahnya atau iritasinya, dengan tujuan agar oksigen dapat masuk ke dalam kornea mata secara normal kembali tidak terhambat oleh softlens tersebut.

2. Hentikan penggunaan Softlens untuk beberapa hari

     Hentikan penggunaan softlens untuk sementara waktu atau lebih baiknya hentikan untuk beberapa hari, dengan maksut agar kornea mata mendapatkan oksigen secara normal untuk 24 jam kedepan.

3. Hindari cairan pencuci expired (kadaluarsa)

     anda semua harus memastikan bahwa cairan pencuci yang anda gunakan masih layak pakai atau dengan kata lain tidaklah expired (kadaluarsa). beda halnya dengan anda yang memiliki mata sensitive anda bisa menggunakan cairan pencuci yang khusus untuk mata yang sensitive, untuk detailnya di sini.

4. Hindari case atau tempat softlens yang kotor

      anda juga harus memastikan bahwa case atau tempat softlens yang anda gunakan dalam keadaan bersih, cuci case softlens setelah di gunakan dengan cara sikat dengan sikat khusus dan di keringkan dengan cara di angin anginkan saja,ingat !! tidak boleh di keringkan dengan tisu ataupun lap pembersih. Dan perlu anda tahu bahwa penggunaan case atau tempat softlens yang baik itu di ganti setiap sebulan sekali, tetapi jika anda membeli softlens baru pastikan anda juga menggunakan case yang baru juga, tidak boleh menggunakan case yang lama.

5. Hindari softlens rusak (cacat)

      Mengecek kondisi fisik softlens ini juga sangatlah penting, jika anda ingin menggunakan softlens anda haruslah mengecek terlebih dahulu kondisi fisik softlens tersebut apakah ada yang robek,cacat,rusak dan semacanya,jika anda mengunakan softlens yang rusak (cacat) dapat di pastikan dapat melukai kornea mata anda, dan hal ini bisa mengakibatkan iritasi mata.

6. Ganti Softlens

     jika anda sudah tahu apa yang terjadi dengan softlens yang anda gunakan, dan tidaklah bisa di pungkiri bahwa mengganti softlens lama dengan softlens yang baru adalah solusi terakhir dari ini semua.

Dan seperti yang saya sampaikan sebelumnya Beberapa solusi di atas sebenarnya sudahlah cukup untuk mengatasi masalah mata merah atau iritasi ringan, di karnakan jika anda semua faham tentang cara perawatan yang baik dan benar hal seperti ini sangatlah minim terjadi.
saya ingatkan sekali lagi kunci utama mengguanakan softlens dan menghindari iritasi adalah perawatan yang baik dan benar.

Terima kasih tidak terasa sudah lumayan panjang saya menulis artikel ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, Amin

No comments:

Post a Comment