Wednesday 17 August 2016

BAHAYA TIDUR DENGAN MENGGUNAKAN SOFTLENS

BAHAYA TIDUR DENGAN SOFTLENS

    Memang benar banyak produk softlens sekarang dirancang untuk dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama,tetapi apa anda yakin dan tau bahwa ada efek samping menggunakan softlens saat tidur dan ternyata ini berbahaya bagi kesehatan mata.

mungkin anda sudah tau softlens tidaklah boleh digunakan pada saat anda tidur, tetapi kenapa anda masih menganggapnya sepele ??

artikel yang saya tulis ini akan memaparkan dengan jelas beserta bukti penelitian yang dilakukan oleh lambaga kesehatan internasional, semoga saja artikel ini juga pantas untuk menambah pengetahuan kita semua dan menambah kewaspadaan ketika menggunakan softlens.


berikut ini rangkuman yang saya tulis tentang bahaya tidur menggunakan softlens.

1. Menghambat Aliran Oksigen
  Belakangan ini banyak produsen softlens yg memberi tau kita bahwa softlens yang mereka produksi menggunakan teknologi tinggi yang mampu memperlancar aliran oksigen ke mata serta terbuat dari bahan yang berbahan dasar air..
 memang benar, tetapi apa ini cukup dapat mengurangi resiko terhadap berbagai resiko radang dan iritasi ?

 ternyata tidak karena itu saja sudah cukup, dikarnakan waktu anda tidur selaput mata anda akan tertutup dan sudah pasti aliran oksigen sulit masuk ke mata di tambah lagi anda menggunakan soflens, tentu akan lebih sulit lagi oksigen untuk mengalir ke kornea.

jika kornea mata anda sudah kekurangan oksigen maka dampak pada mata anda memerah disertai perih yang cukup menganggu dan paling parah adalah infeksi kornea.

2. Mempengaruhi Pembuluh Darah di Mata
  Menggunakan softlens yang tidak dirancang khusus untuk digunakan semalaman dapat berbahaya bagi kesehatan mata sudah pasti..lanjut lagi dari oksigen yg aliranya terhambat akan mempengaruhi pembuluh darah di mata dan paling parah adalah radang kornea.

seperti yang dikutip dari Livestrong, akibat tidak normalnya pembuluh darah yang di akibatkan kekurangan oksigen akan berdampak pada penglihatan yang terganggu, pembengkakan kornea, dan dan pengaburan penglihatan dari yang paling ringan sampai yang paling berat.

sebuah University Of Maryland Medical Center melakukan sebuah penelitian dan menemukan bahwa softlens yang digunakan saat tidur bisa menyebabkan luka yg terbuka pada kornea. dan jika dibiarkan luka ini akan terinfeksi bakteri yang bernama keratitis,meskipun kondisi seperti ini jarang terjadi tapi resikonya sangat besar bagi pengguna softlens di banding pengguna yang teratur.

3. Masuk ke Atas Bola Mata
  Mungkin anda dapat menganggap ini adalah sesuatu yang tidak mungkin namun, apakah anda yakin ketika anda tidur tangan anda tidak mengucek-ucek mata tanpa anda sadari.

ketika tangan anda mengucek-ucek mata dan bisa mengakibatkan softlens yang posisinya di tengah menjadi bergeser ke bagian atas dan bila ini terjadi ketika anda ingin melepasnya biasanya akan sangat sulit dan memerlukan cairan khusus mata agar tidak terjadi luka iritasi atau infeksi.

terakhir, sebuah studi yang di terbitkan oleh British Journal Of Ophthalmology tahun 2005 yang mengemukakan bahwa keratits sering terjadi pada seseorang yang menggunakan softlens sampai di bawa tidur di banding dengan mereka yang terjaga.

sedangkan Oregon Health & Science University's Casey Eye Institute yang memberikan tanggapanya bahwa seseorang yang sering mengganti softlens yang diguanakan secara rutin sesuai dengan batas waktunya memiliki mata yang lebih sehat.

CATATAN:
   perlu anda semua tau soflens harian jauh lebih sehat dibandingkan dengan softlens yang tipe bulanan karena anda tidak menempatkan kembali softlens yang telah anda gunakan, sehingga mengurangi resiko infeksi bakteri yg menumpuk.
sekian artikel tentang efek samping menggunakan softlens pada saat tidur semoga menambah wawasan kita semua.

Terima kasih,

ig : @infooptik.idv
fb : @asistententangmata

baca juga makanan yang sehat untuk mata
kunjungi macam-macam lensa kontak

No comments:

Post a Comment