Wednesday 17 August 2016

CARA PERAWATAN SOFTLENS YANG BAIK DAN BENAR DI SINI

 Cara Perawatan Lensa Kontak


    Sekarang memanglah banyak orang yang memilih soft lens (lensa kontak) sebagai alat bantu penglihatan,fungsi softlens ini sendiri membantu pemilik mata minus,plus atau silinder, tetapi juga dapat mempercantik penampilan, yang pastinya bagi kaum wanita. Apalagi, sekarang ini sudah banyak sekali di jual belikan di store-store optik dengan pilihan warna yang menarik dan harga lensa kontak bisa dikatakan murah.

 Sekarang yang harus anda perhatikan jika anda ingin menggunakan softlens, anda harus mau menjaga kebersihan dan perawatan yang baik dan benar agar tidak terjadi infeksi ataupun iritasi mata.

  Softlens ini sendiri digunakan akan langsung menempel ke kornea mata, maka dari itu resiko iritasi pasti semakin besar kemungkinannya dibandingkan jika menggunakan kacamata. Jadi, kita harus benar-benar mengerti dan memperhatikan cara menggunakan dan merawatnya agar mata tetap sehat walaupun menggunakan softlens. Berikut

Cara Menggunakan dan Perawatan Softlens(Lensa Kontak).

#Petunjuk Cara Menggunaan Softlens (Lensa Kontak):
  1. Konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kesehatan mata sebelum anda memutuskan akan menggunakan softlens.
  2. jika anda menggunakan softlens sebagai pengganti kacamata, belilah softlens dengan kadar air yang tinggi/rendah sesuai dengan kadar air mata anda, Agar mata anda tidak mudah kering di karnakan menyesuaikan dengan kadar air mata anda.
  3. Pastikan terlebih dahulu anda mencuci tangan sampai bersih dengan sabun (sabun khusus cuci tangan) sebelum menyentuh softlens tersebut.
  4. Keringkan tangan dengan handuk bersih yang tidak meninggalkan sisa serat pada tangan kita. perlu diingat Hindari mengeringkan tangan dengan tisu, karena serpihannya mudah tertinggal pada tangan.
  5. Pastikan anda menggunakan cairan softlens khusus (solution),jangan sampai menggunakan air keran. jika bingung dengan cairan apa yang cocok ? bisa klik di sini Macam-macam cairan softlens.
  6. Saat akan menggunakan softlens,ingat untuk membilas softlens dengan cairan softlens terlebih dahulu agar bersih.
  7. Menggunakan softlens sebaiknya sebelum menggunakn makeup dan lepas softlens sebelum membersihkan makeup. hati-hati pada saat menggunakn makeup di bagian mata, agar softlens tidak terkontaminasi bahan makeupnya.
  8. jika mata anda terasa kering dan tidak nyaman saat menggunakan softlens, beri obat tetes mata khusus untuk softlens (Reweting) catatan : Jangan terlalu sering menggunakan tetesnya, untuk menghindari terjadinya gangguan pada reproduksi air mata. Maksimal Tetes 4x dalam 1 Hari (tidak boleh lebih)
  9. Pejamkan mata anda saat menyemprotkan cairan makeup atau memakai hairspray. Pejamkan mata anda hingga beberapa detik/menit. Ini bermaksut untuk menghindari kontaminasi bahan kimia yang ada di makeup ke softlens.
  10. jangan lupa lepas softlens sebelum tidur, karena softlens yang terbawa tidur bisa menyebabkan iritasi mata akut.baca juga bahanya jika tidur dengan softlens .
  11. Jangan pernah menggunakan softlens yang sudah kadaluwarsa, banyak dari kita menyepelekan masalah kadaluarsa ini, baca juga softlens dapat mengakibatkan buta, bahaya sekali jika sampai terjadi hanya karna malas mencucinya.
  12. Setiap softlens memiliki jangka waktu sesuai produknya, ada yang harian, mingguan, bulanan dan tahunan.tips cara menghitungnya adalah setelah kita beli dan kita buka segelnya. Contoh: anda menggunakan softlens bulanan, maka waktu satu bulan itu dihitung sejak pertama kali segel anda buka. Setelah satu bulan, jika sudah kadaluarsa ganti dengan yang baru walaupun softlens itu hanya kita pakai beberapa hari.
#Perawatan softlens:

  1. Saat akan melepas softlens, ingat..jangan lupa untuk cuci tangan anda dengan sabun khusus sama seperti yang saya jelaskan di atas, keringkan dengan handuk bersih.
  2. Lepas satu softlens,usahakan mata kanan terlebih dahulu,dikarnakan akan memudahkan anda saat melepasnya,a.lalu letakkan di telapak tangan, b.Siram dengan cairan(solution) lensa kontak, c.Gosok pelan-pelan satu arah saja kurang lebih 1-2 menit saja sudah cukup,hal ini kita lakukan agar kotoran yang menempel rontok, d.lalu Bilas kembali softlens tersebut agar kotoran yang sudah rontok hilang.
  3. Letakkan softlens pada Case (Case khusus softlens), lalu isi case tersebut dengan cairan softlens hingga terendam softlensnya..lalu kocok searah kurang lebih 5-10 detik.
  4. Pastikan saja anda merendam softlens tersebut minimal 4 jam dan maksimal 12 jam,catatan : seandainya softlens anda tidak digunakan dalam waktu 12 jam ke depan, Harus ganti air rendaman yang lama dengan air baru.
  5. Saat tidak digunakan, bilas case softlens, lalu keringkan dengan cara di angin angin kan.
  6. Jangan pernah mencuci case softlens dengan air keran dan sabun, cukup gosok-gosok case softlens pakai sikat khusus, karena jika hanya menggunakan air keran dan sabun akan memudahkan perpindahan bakteri.
  7. Untuk perawatan mingguan, rendam saja softlens dengan tablet khusus, untuk menghilangkan protein yang menempel pada softlens tsb.
#Penggunaan Cairan Softlens(Solution):
  1. Gunakan cairan softlens yang sesuai dengan kondisi mata anda, karena beberapa cairan softlens bisa memicu alergi pada mata sensitif.
  2. Perhatikan tanggal kadaluwarsa cairan softlensnya, jangan menggunakan cairan yang sudah kadaluwarsa.
  3. Jangan menyentuh ujung aplikator cairan softlens. Usahakan ujung aplikator tidak menyentuh apapun agar tidak terjadi kontaminasi bakteri.
  4. Jangan mencampur cairan softlens yang berbeda dalam satu case.
  5. Jangan mengganti botol cairan softlens pada botol lain. Ingat, kontaminasi bakteri dari botol lain bisa menyebabkan mata anda iritasi.
  6. Ganti cairan softlens setelah 90 hari setelah dibuka alias 3 bulan.(walaupun belum habis)
  7. saran jika anda suka bepergian, belilah cairan softlens ukuran kecil aja dengan merek yang sama dengan yang anda gunakan setiap harinya.
Jika softlens sudah terasa tidak nyaman, gatal dan perih, segera lepas dan ganti dengan yang baru. Jika gejala yang sama masih berlanjut, konsultasikan dengan dokter mata Anda segera.

Semoga menambah pengetahuan kita semua tentang softlens.
Terima kasih


ig : @infooptik.idv
fb : @asistententangmata

Http://www.infooptikku.blogspot.com

No comments:

Post a Comment