Tuesday 16 August 2016

Contact Lens Dapat Mengakibatkan BUTA ???

SOFTLENS DAPAT MENYEBABKAN BUTA ??? 

Apakah benar softlens itu dapat mengakibatkan kebutaan ???

  sebelum tau akibatnya menggunakan softlens, ada baiknya anda tau beberapa tentang apa itu softlens.

  1. Softlens adalah alat bantu penglihatan yang ditempatkan di kornea mata untuk memperbaiki kelainan pembiasan arah (refraksi) , atau kelainan penglihatan yang disebabkan oleh ketidaksesuaian optik pada mata.
  2. Ternyata softlens itu mempunyai kegunaan yang sama dengan kacamata biasa (minus,plus,cylindris), tetapi lebih ringan dan simpel.
  3. Softlens selain digunakan untuk fashion,sport juga lebih sering digunakan untuk memperbaiki visus (ketajaman penglihatan).
    Sekarang langsung saja kita bahas tentang beberapa akibat jika salah menggunakan softlens dalam jangka lama sbb:



Infeksi Kornea
sebenarnya penyebabnya bukan bakteri saja tetapi masih banyak lagi seperti oleh virus, kuman, dan jamur dan ini disebabkan oleh anda yang salah dalam melakukan perawatan softlens.

sebenarnya hal ini bisa dicegah dengan cara merawat softlens yang benar. namun, yang terkadang menjadi masalahnya adalah anda sibuk dan tidak memiliki waktu untuk melakukanya.
selalu jaga kesterilan lensa kontak yang anda pakai agar tetap terjaga kebersihanya dan anda bisa terhindar dari berbagai sumber penyakit mata.


Edema
mata yang terlalu sering menggunakan softlens juga beresiko terkena penyakit Edema. Edema sendiri merupakan kondisi dimana mata anda kekurangan oksigen dan sangat kelelahan dan berujung pada pandangan anda yang menjadi kabur.

memang benar ada beberapa produk softlens yang dibuat khusus agar oksigen bisa mengalir dengan bebas ke kornea tetapi tetap saja oksigen yang mengalir tidak sebanyak ketika anda tidak menggunakan softlens.



Bleparitis
    jika anda merasakan gejala yang aneh pada kornea anda seperti, kornea terasa terbakar, gatal, dan mata anda mengeluarkan air mata berlebih dan tidak wajar maka berhati-hatilah bisa jadi itu adalah gejala Bleparitis.

-ciri-ciri umumnya adanya ketombe di sekitar mata atau berada pada bulu mata,sangat menganggu dan di area dekat mata terasa kotor.



Keratitis 
  terakhir dan yang paling berbahaya adalah radang keratitis yang terjadi karena peradangan pada kornea mata. penyebab dari radang ini adalah karena terinfeksi oleh virus Adenovirus yang bisa di tularkan oleh softlens yang anda pakai.

-ciri-ciri umum yang terjadi jika anda terkena penyakit keratitis adalah mata bengkak, disekitar bola mata anda berwarna merah, mengeluarkan cairan yang berlebih dan jika hal ini tidak segera di tangani dengan tepat dapat menyebabkan KEBUTAAN. 

CATATAN:
 Apakah anda masih malas untuk merawat softlens tersebut ?? mulai sekarang belajarlah untuk merawat softlens dengan baik dan benar.

sebenarnya jika anda merawat softlens dengan baik dan benar,alat medis ini sangatlah bermanfaat untuk kita sendiri dan jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mata juga.

Baca juga : Cara menangani jika terjadi Iritasi karna softlens.

Terima kasih semoga bermanfaat untuk kita semua.

jangan lupa untuk beberapa pengetahuan tentang Softlens/kacamata lihat di sini ya.

ig: @infooptik.idv
fb: @Asistententangmata

Http://www.infooptikku.blogspot.com 

No comments:

Post a Comment